FOSS-ID :: Open Source Software Untuk Semua

Lomba Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

September 20th, 2010, 0 Komentar

Pengawasan dan pengendalian terhadap pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam mendukung pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan  sehingga pemanfaatannya dapat dilakukan secara bertanggung jawab, ramah lingkungan, lestari dan berkelanjutan.  Kebijakan Pemerintah di bidang Pengawasan Sumberdaya  kelautan dan Perikanan dengan melibatkan peran serta masyarakat (Siswasmas) menunjukkan bahwa sangat dibutuhkannya peran serta masyarakat dalam kegiatan pengawasan ini.  Kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) adalah bagian dari jaringan sistem pengawasan yang berbasis masyarakat.  Saat ini  peranan Pokmaswas di Provinsi Sulawesi Tenggara mulai dirasakan manfaatnya.

Dalam rangka mengukur kinerja dan memotivasi Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Kegiatan Lomba Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) tingkat Provinsi.  Kegiatan ini adalah sebagai bentuk evaluasi yang digunakan untuk menilai peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pengawasan, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan.

Peserta adalah Pokmaswas yang kegiatannya berperan aktif dalam pengawasan usaha  penangkapan ikan, usaha pembudidayaan ikan, penmjagaan pelestarian ekosistem laut dan pengawasan aktivitas jasa kelautan.  Lomba Pokmaswas Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2010 ini diikuti oleh Pemenang Lomba Pokmaswas tingkat Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara yang berasal dari 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota yaitu :

1.       Pokmaswas Sangia Wasalamata, Kabupaten Buton

2.        Pokmaswas Pasamaturuang, Kabupaten Konawe

3.       Pokmaswas Kaseise, Kabupaten Muna

4.       Pokmaswas Padaidi, Kabupaten Kolaka

5.       Pokmaswas Terumbu Karang, Kabupaten Kolaka Utara

6.       Pokmaswas Nusantara, Kota Kendarai

7.       Pokmaswas Desa Waha/Koroe Onowa, Kabupaten wakatobi

8.       Pokmaswas Mepokoaso, Kabupaten Konawe Selatan,

9.       Pokmaswas Baracuda, Kabupaten Konawe Utara

10.   Tari Sangia Bungku, Kota Bau-Bau

Penilaian Lomba Pokmaswas Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2010 ini mengacu pada petunjuk pelaksanaan penilaian Lomba Pokmaswas Teladan Tahun 2010n yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan penilaian aspek teknis, aspek sosial dan aspek manajemen. Berdasarkan penilaian  oleh Tim Penilai, Pemenang Lomba Pokmaswas Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2010 adalah Pokmaswas Desa Waha/Koroe Onowa  sebagai  juara I dengan nilai 69,9. Juara II adalah Pokmaswas Sangia Waslamata dengan nilai 69.8 dan juara III adalah Pokmaswas Padaidi  dengan nila 61,4. Peserta  pemenang lomba diberikan bantuan sarana pengawasan, trophi, dan piagam sebagai penghormatan dan penghargaan atas prestasi yang telah dicapai.

Dengan dilaksanakannya lomba Pokmaswas ini maka dapat diperoleh gambaran kinerja Pomaswas dalam melaksanakan peran dan fungsinya di bidang pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan dankemudian dapat memotivasi Pokmaswas untuk meningkatkan peran dan fungsinya.  Pokmaswas terbaik selanjutnya diusulkan untuk mengikuti Lomba Pokmaswas Tingkat Nasional Tahun 2010.

Kategori: Headline
Tag:

0 Komentar »

Beri Komentar

Baris dan paragraf di atur secara otomatis, alamat e-mail tidak akan dimunculkan, HTML yang diperbolehkan: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2010 Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara. Designed 2010 by Tazakka. All rights reserved.